Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

Blogomino - Disclaimer wajib ada dalam blog kalian. WAJIB! Kenapa disclaimer wajib ada didalam blog? sebelumya kita harus tau dulu, apa sih disclaimer itu, dan apa fungsinya?

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer



Disclaimer adalah sebuah peringatan, atau warning untuk para pengunjung sebuah situs. warning? maksudnya gimana yaa?. Warning yang dimaksud disini adalah sebuah kalimat peringatan kepada para pengunjung blog kalian mengenai hal-hal yang ada didalam blog kalian.

Misal kalian mempunyai situs jual beli dan ada seorang pembeli yang membeli produk anda, ternyata produk anda ini dilarang didaerah si pembeli dan pembeli menginginkan uangnya kembali. Kamu bisa menyangkalnya, karena didalam disclaimer itu sudah tertera ketentuan dan syaratnya. Singkatnya disclaimer itu berguna untuk melepas tanggung jawab, dari penjual, ke pembeli.

Atau mungkin kamu sering melihatnya pada video youtube. Biasanya pada awal video akan muncul tulisan disclaimer, biasanya ini sering terdapat pada video yang mengandung unsur kekerasan atau video horror. Contoh, setelah kamu menonton film horor, kamu ketakutan sehingga kamu jadi trauma berkepanjangan, itu semua bukan salah si pembuat video, karena semua sudah terlampir pada disclaimer bahwa video tersebut mengandung konten yang bersifat horror atau lainnya, disarankan untuk tidak menonton sendiri dan lain-lain. Semua sudah tertera di disclaimer jika kamu memperhatikannya.

Singkatnya, Disclaimer adalah pernyataan penyangkalan dengan tujuan melindungi pemilik situs yang mana memberikan informasi. Para pembaca dianggap sudah menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada blog tersebut.

Berikut langkah langkah membuat disclaimer dengan mudah :

1. Buka laman disclaimergenerator.net


Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

Dengan menggunakan disclaimer generator, kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan apa yang harus kamu tulis didalam disclaimer milik kamu. Cukup input beberapa keterangan yang diperlukan saja kamu sudah dapat disclaimer yang bagus.

2.  Masukkan Keterangan Yang Diperlukan


Didalam laman tersebut, kamu diminta mengisi nama perusahaan, url situs kamu, dan email kamu. Tujuannya adalah untuk membuat generator tersebut membuat disclaimer sesuai situs milikmu. Sebagai contoh didalam tutorial ini adalah menggunakan nama Blogomino dan email milik saya.

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer


3. Masukan Negara dan Email


Pilih negara dan provinsi sesuai domisili kalian. Perlu diingat, dalam pengisisan email kalian harus mengisinya dengan email yang aktif, kalau bisa email utama kalian. Karena jika ada sebuah pengaduan, pengaduan tersebut bisa disampaikan melalui email. Jika sduah klik generate my disclaimer.

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

4. Copy Hasil Generator Kedalam Halaman Blog


Ada dua cara dalam memasukan hasil geerator tadi kedalam halaman pada blog kalian. Cara pertama adalah dengan cara meng copy-paste laman bagian kiri dan langsung paste kan kedalam laman, dan yg keuda dngan tampi;an html. Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan kode html nya saja.

Klik copy to clipboard, dan selanjutnya buka laman blogger.com

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer


Setelah masuk kedalam dashboard blogger, selanjutnya adalah klik halaman, dan buat halaman baru


Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer
Jika sudah, beri judul pada laman tersebut dengan judul Disclaimer, dan pidah ke mode html

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

Selanjutnya, copy kode yang sudah kamu buat tadi. Hasilnya akan seperti ini

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer

Jika sudah, klik publikasi. Hasil dari disclaimer generator sangatlah bagus dan rapih. Berikut adalah hasil dari disclaimer generator

Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer


Taraaaa, Disclaimer sudah siap dipasang di blog.

Sayangnya, disclaimergenerator.net tidak menyediakan pembuatan disclaimer dalam bahasa indonesia. Jika kamu ingin disclaimermu berbahasa indonesia, kamu bisa mentranslatenya di google translate atau aplikasi translate lainnya.

11 Komentar untuk "Apa itu Disclaimer? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Disclaimer"

  1. wah,, baru tahu infonya,, ternyata discalaimer penting juga

    BalasHapus
  2. Mantap bosku, bahasanya mudah dimengerti...

    BalasHapus
  3. Mantap bosku,bahasanya mudah dimengerti

    BalasHapus
  4. Makasih mas infonya... Bermanfaat

    BalasHapus
  5. thanks gan, jadi tahu tentang gunanya disclaimer bagi blog, langsung saya praktekan ke blog saya gan hehe

    BalasHapus
  6. Mantap, salah satu hal terpenting ni buat blog harus ada disclaimernya 🤘

    BalasHapus
  7. Pengetahuan baru untuk newbie nih gan.. thnks info nya

    BalasHapus
  8. Wha ternyata begini ya cara bikinnya tuh, dicari cari dari kemarin baru nemu disini thanks ya mas

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel