Bikin Gregetan! Ini Alasan Kenapa Internet Di Indonesia Lemot

Blogomino - Di zaman modern seperti sekarang ini kita tidak bisa lepas dari yang namanya Internet. Internet adalah jaringan area luas global yang menghubungkan sistem komputer dan perangkat lainnya seperti smartphone di seluruh dunia. Ini mencakup beberapa jalur data bandwidth tinggi yang membentuk tulang punggung Internet . Jalur ini terhubung ke hub Internet utama yang mendistribusikan data ke lokasi lain, seperti server web dan ISP .


Ini Alasan Kenapa Internet Di Indonesia Lemot

Untuk tersambung ke Internet, kamu harus memiliki akses ke penyedia layanan Internet (ISP), yang bertindak sebagai perantara antara kamu sebagai pengguna dan Internet. Sebagian besar ISP menawarkan akses Internet broadband melalui kabel , DSL , atau koneksi seart atau mungkin kamu lebih familiar dengan fiber optic. Saat kamu terhubung ke Internet menggunakan sinyal Wi-Fi publik , router Wi-Fi masih terhubung ke ISP yang menyediakan akses Internet. Bahkan menara data seluler harus terhubung ke penyedia layanan Internet untuk menyediakan perangkat yang terhubung dengan akses ke Internet.

Menurut perangkingan dari speedtest.net, Indonesia menempati urutan ke 115 dengan rata-rata kecepatan 23.32Mbps. Posisi ini tentu sangatlah jauh dari negara tetangga, yaitu Malaysia di peringkat 44 dan Singapura di peringkat 2.

Lantas kenapa Indonesia bisa berada jauh dibawah negara tetangga?



1. Faktor Infrastruktur


Salah satu hal yang mempengaruhi kecepatan internet disuatu daerah adalah pembangunan infrastruktur. Jika pembangunan bisa merata di Indonesia, tentu Internet di Indonesia akan menjadi lebih cepat dan lebih stabil. Dikarenakan pembangunan infrastruktur yang membutuhkan biaya yang besar dan memiliki banyak rintangan, hal tersebut tentu akan menghambat pembangunan infrastruktur yang mana akan mengakibatkan tidak meratanya kecepatan internet di Indonesia. 

Terlebih masih banyak daerah-daerah pelosok di Indonesia yang belum terjamah Internet dikarenakan biaya pembangunan infrastruktur yang mahal serta mobilitasnya yang sulit, sehingga menyebabkan Internet di Indonesia tidak merata.


2. Faktor Geografs


Selanjutnya ada faktor geografis. Kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, tentu hal tersebut akan menjadi alasan sulitnya pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pemerintah dan penyedia layanan internet harus mampu menembus hutan, gunung, dan lautan untuk memberikan layanan internet ke suatu daerah, yang pastinya juga akan menambah biaya untuk pembangunan infrastruktur tersebut. Hal yang dibutuhkan pemerintah atau penyedia layanan internet untuk membangun infrastruktur internet adalah tiang pemancar, kabel serat optik, kabel telepon, dan lainnya.

Bisa dibayangkan kan berapa panjang kabel serat optik dibawah laut yang dibutuhkan untuk menjangkau pulau-pulau di seluruh Indonesia.


3. Daya Beli Masyarakat


Tingginya biaya pembangunan infrastruktur, bertolak belakang dengan rendahnya daya beli masyarakat. Hal itu adalah hal yang wajar, karena pendapatan rata-rata penduduk Indonesia jauh lebih rendah daripada negara lainnya. Hal tersebut juga mempengaruhi kualitas Internet di Indonesia. Perusahaan penyedia internet harus bisa menyeimbangkan antar pengeluaran dan pemasukan, yang pada akhirnya perusahaan penyedia internet menurunkan kecepatan internet agar sesuai dengan daya beli masyarakat Indonesia.



Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi dan menyebabkan kecepatan Internet di Indonesia lemot. Faktor geografis dan faktor alam juga mempengaruhi kekuatan sinyal di beberapa daerah, namun menurut saya yang paling berpengaruh adalah tidak meratanya pembangunan infrastruktur dan daya beli masyarakat yang rendah.

1 Komentar untuk "Bikin Gregetan! Ini Alasan Kenapa Internet Di Indonesia Lemot"

  1. Intinya itu balik lagi ke faktor ekonomi yah, semakin kaya suatu negara semakin bagus lagi jaringan internetnya,



    jangan lupa kunjungi bali & tinggalin komen,
    https://aisurunihongo.blogspot.com/2021/01/lirik-terjemahan-ikimono-gakari-blue.html

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel