4 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot

Blogomino - Smartphone atau HP Android saat ini menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh semua orang. Dimulai dari kalangan dewasa bahkan hingga anak usia dini pun saat ini sudah mempunyai hp sendiri. Dalam kegiatan sehari-hari, pasti kalian selalu membawa dan menggunakan HP. Setelah penggunaan HP yang cukup lama,biasanya akan terjadi penurunan performa HP tersebut. Bukan hanya usia saja, penggunaan HP secara berlebihan juga dapat menyebabkan HP menjadi lemot (lag) dan cepat panas.


4 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot

Turunnya performa HP bukan hanya disebabkan oleh fakor usia dan lama penggunaan, HP menjadi lemot bisa jadi karena cara kamu menggunakan HP yang tidak sesuai dengan spesifikasinya dan cara kamu merawat HP itu sendiri. Perlu diingat, tiap-tiap HP memiliki kapasitas da n spesifikasi yang berbeda-beda, maka dari itu cara penggunaan dan perawatannya pun sedikit berbeda.


APA AJA SIH YANG MENYEBABKAN HP MENJADI LEMOT?


1. Kapasitas Penyimpanan


Pada dasarnya tiap-tiap HP memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda. Banyak pengguna HP yang mengabaikan masalah kapasitas pada HP mereka, mengunduh banyak aplikasi yang mengakibatkan HP menjadi lemot dan nge lag. 

2. Kualitas Baterai


Kualitas baterai sangatlah mempengaruhi kualitas dan kinerja HP kalian. Kualitas baterai akan terasa menurun setelah penggunaan yang cukup lama, misal dua atau tiga tahun. 

Yang menyebabkan kualitas baterai menurun adalah penggunaan HP yang tidak sesuai, misalnya menggunakan HP sambil di charge yang mana hal tersebut dapat menyebabkan baterai bocor. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja HP kalian.

3. Kualitas RAM & Memory Flash Storage


RAM dan Memory Flash Storage juga bisa mengalami penurunan kualitas layaknya baterai. Penyebab kualitas RAM & Memory Flash Storage menurun karena adanya aktivitas penulisan dan penghapusan data yang ternyata mengurangi performanya. Efeknya, potensi HP menjadi lemot pun jadi makin besar.


4. Virus


Bisa jadi penyebab HP kamu menjadi lemot dan cepat panas diakrenakan HP kamu terkena virus. Cobalah untuk rutin memindai virus pada HP kamu. Biasanya pemindai virus sudah tersedia pada HP android, namun jika HP kamu belum tersedia pemindai virus, kamu bisa download aplikasi pemindai virus di Play Store atau AppStore yang tersedia secara gratis.


BAGAIMANA CARA MENGATASI HP LEMOT (LAG) ?


1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Pasti kamu tergiur untuk menginstall aplikasi gratis di Play Store ataupun AppStore. Memasang aplikasi yang tidak sesuai kebutuhanmu akan mengakibatkan memori HP menjadi penuh dan akan menjadi lemot pula. 

Saran dari saya adalah untuk lebih bijak dalam menginstall aplikasi, install aplikasi yang sekiranya anda butuhkan saja. Hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan pada perangkat HP android milikmu.


2. Update Sistem Yang Tidak Sesuai


Melakukan update sistem operasi pada perangkat HP memang penting karena dapat memengaruhi peningkatan kinerja. Namun, ada juga update sistem operasi yang memakan space tersendiri di memori internal. Hal ini yang perlu kamu pertimbangkan. Memori dan RAM yang rendah akan membuat HP lemot jika dipaksakan untuk tetap melakukan update sisem operasi.

Jika kamu ingin tetap melakukan update terbaru dan ponsel kamu tidak mendukung, mungkin ini saatnya kamu mengganti HP.


3. Kurangi Widget Pada HP


Menggunakan widget pada HP memang dapat mempercantik tampilan HP mu, namun dibalik tampilan indah dan estetik itu, widget tersebut menyita konsumsi RAM yang cukup besar sehingga kinerja HP kamu menjadi lambat.

Gunakan widget yang penting-penting saja. Misal Jam dan cuaca.


4. Bersihkan File Sampah / Cache


Mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah cache. Yup, Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan pada perangkat HP milikmu. Dengan fungsi tersebut, kamu dapat dengan mudah membuka aplikasi yang sebelumnya digunakan. Sayangnya, cache yang menumpuk bukanlah hal yang baik untuk HP, karena dapat menyebabkan HP Android menjadi lemot.

Maka dari itu, kamu harus rutin membersihkan cache di setiap aplikasi yang pernah kamu gunakan. Kebiasaan sederhana ini memiliki manfaat yang sangat besar. Demi terhindar dari HP Android lemot, mulai sekarang biasakan deh rajin clear cache.


Solusi Terakhir, jika 4 hal tersebut sudah dilakukan namun HP kamu masih lemot adalah dengan melakukan reset pabrik (factory reset). Meski smartphone kamu sedang tidak bermasalah, melakukan factory reset secara berkala ternyata dapat membersihkan semua hal yang bertumpuk di HP Android kamu setelah sekian lama digunakan. Jadi, HP Android lemot pun tidak akan hadir kalau kamu mencoba rutin melakukan factory reset.

2 Komentar untuk "4 Cara Mudah Mengatasi HP Lemot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel