4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Ngeblog

Blogomino - Ada pepatah mengatakan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kalimat tersebut menjelaskan bahwa dalam sebuah usaha pasti akan menghadapi sebuah kendala atau melakukan sebuah kesalahan yang mana hal tersebut akan mengakibatkan kegagalan. Nah, dari kegagalan tersebut lah kita bisa belajar untuk mecapai tujuan kita. Misal kamu gagal menjadi peringkat pertama di kelas karena nilai kimia kamu kurang, nah untuk kedepannya kamu harus belajar kimia lagi agar kamu mendapat peringkat pertama.

Sama seperti hal diatas, untuk sukses dalam membangun sebuah blog yang pertama kali harus kamu lakukan adalah konsisten dalam membangun blog. Jika kamu sudah lama nge-blog dan masih tidak ada peningkatan trafik pengunjung, bisa dipastikan bahwa kamu melakukan sebuah kesalahan selama nge-blog. Selanjutnya, yang kamu lakukan adalah mencari tau dimana letak kesalahan tersebut dan memperbaikinya.






Untuk meminimalisir kesalahan dalam membangun sebuah blog, Saya akan membagikan beberapa tips buat kamu, yaitu 4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Ngeblog.

1. Meng copy-paste Postingan Orang Lain


Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para penulis yang baru memulai nge-blog. Meng-copas artikel milik orang lain menurut saya adalah hal yang tidak patut dilakukan oleh seorang penulis. Bisa dikatakan hal tersebut melanggar hak cipta walaupun tulisan tersebut tidaklah dipatenkan. Selain melanggar hak cipta dan merugikan penulis aslinya, copas artikel untuk diposting kembali tanpa mencantumkan sumber aslinya juga dapat merugikan kamu lohh.

Google bisa mendeteksi tulisan kamu jika tulisan milik kamu adalah hasil copas tulisan orang lain. Hal ini bisa menyebabkan citra blog kamu buruk di mata Google. Jika blog kamu sudah di cap buruk oleh Google, maka blog kamu akan sangat sulit untuk masuk kedalam top page dari hasil pencarian mesin pencari. Jika sudah seperti itu, maka untuk mendapatkan pengunjung akan sulit, dan yang pastinya akan sulit pula untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Kamu bisa membaca terlebih dahulu dari sumber-sumber yang ada, bisa dari blog lain atau dari buku, lalu kamu tulis kembali dengan bahasamu sendiri. Itu lebih baik daripada copas 100% milik orang lain. Atau kamu bisa mengutip beberapa tulisan milik orang lain, dengan syarat mencantumkan nama penulis atau sumbernya.


2. Inkonsistensi Dalam Menulis


Masalah selanjutnya yang sering dialami oleh para penulis adalah inkonsistensi dalam menulis. Hal yang sering terjadi pada para penulis yang baru memulai nge-blog adalah rajin diawal, dan lama kelamaan akan menjadi malas karena jenuh. Rasa jenuh inilah yang menyebabkan kamu tidak konsisten dalam menulis. Blog akan berkembang jika sang penulis konsisten dalam menulis artikel. Sebaliknya, blog akan mati jika penulis jarang menulis secara rutin.

Lantas bagaimana caranya supaya bisa terus konsisten dalam menulis? Ini tips dari saya.

Menulis sesuai hobi atau keahlian

Kamu akan lebih mudah dalam menulis jika apa yang kamu tulis adalah hal yang kamu kuasai dan kamu sukai. Kamu akan lebih leluasa, dan tentunya tidak akan timbul rasa jenuh karena apa yang kamu tulis adalah hal yang kamu kuasai.

Mengatur jadwal

Tips selanjutnya adalah menentukan jadwal kamu menulis dan mem publish tulisan kamu. Misal, dalam waktu seminggu target kamu adalah 3 artikel, kamu bisa mengaturnya dengan cara selang-seling hari, sehari istirahat, sehari menulis. Atau bisa juga seminggu sekali, atau sebulan sekali. Yang terpenting adalah terjadwal, dan saran dari saya, kamu harus mempunyai waktu istirahat, jangan terus-terusan menulis karena lama kelamaan kamu pun akan jenuh.


3. Hanya Mengejar Uang


Untuk kamu yang baru memulai nge-blog, saya sarankan untuk tidak memikirkan "hasil" yang didapat terlebih dahulu. Karena jika kamu hanya memikirkan hasil tanpa usaha yang sepadan, itu tidak akan menghasilkan uang. Fokuslah menulis dan mengembangkan blog mu terlebih dahulu. Jika kamu merasa blog milikmu sudah berkembang dan memiliki banyak pengunjung, barulah kamu bisa memasang beberapa ads untuk menghasilkan uang.


4. Terburu-buru Dalam Memposting


Setelah kamu menulis artikel, jangan langsung dipublish begitu saja. Tinjau kembali isi artikel kamu, baca dan cermati apakah ada yang typo atau salah penulisan. Koreksi tanda bacanya kembali, seperti titk, koma, dan penggunaan bahasa dalam artikel. Dengan meninjau atau membaca kembali sebelum dipublish, kamu bisa menjamin bahwa artikel milikmu sudah siap 100% untuk diposting


Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangan sebuah blog, kamu harus memperhatikan beberapa faktor seperti tulisan yang orisinil, mengatur jadwal menulis artikel agar kamu konsisten dalam menulis, pengembangan blog sebelum memasang ads, dan meninjau kembali tulisan sebelum dipublish.

Belum ada Komentar untuk "4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Ngeblog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel